Pelatihan Analisis Kredit Untuk Account Officer Bank

Tantangan terberat bagi Account Officer adalah, karena fungsi Bank sebagai financial intermediary di mana ia melakukan bisnis dengan menggunakan dana orang lain (other people’s money). Dalam pelatihan ”Feasibility Study for Account Officer” akan menjadi menarik dan penting karena mengkaji serangkaian analisis penyaringan yang diharapkan kredit yang di berikan adalah kredit dengan kualitas baik. Proses-proses ini antara lain, bagaimana dengan karakter calon debitur? Bagaimana dengan dokumentasinya? Dan lain sebagainya sampai pada tahap upaya pemantauan terhadap kredit yang di berikan serta mengetahui gejala-gejala kredit macet.

Untuk itulah, maka pada tanggal 27-28 Januari 2009 di Ruang Seminar STIE Perbanas Surabaya, dilaksanakan Pelatihan Analisis Kredit untuk Account Officer oleh CABM (Business Center) STIE Perbanas Surabaya dengan penanggung jawab Drs. Irawan, MM. Acara yang diselenggarakan mulai jam 08.30-17.00 WIB ini, diikuti oleh 11 peserta dari berbagai Bank di Surabaya, di antaranya Bank Agroniaga, Bank Amin, PT Artamas Multi Finance, CNB, Bank Ina Perdana, dan PT Bank Antar Daerah. Adapun pembicara terdiri dari Akademisi STIE Perbanas Surabaya, dan praktisi yang berpengalaman di bidangnya.

Dengan tujuan untuk membekali para Account Officer dengan perilaku yang etis sesuai dengan tuntutan kode Etik Bankir Indonesia, mempersiapkan para Account Officer agar mampu melihat prospek pasar yang potensial untuk diberikan pembiayaan berupa kredit, dan memberikan solusi tentang upaya mengambil keputusan secara cepat dan tepat dengan mempertimbangkan risiko-risiko yang akan di hadapi bila terjadi masalah.

Pada akhir acara, dilakukan pemilihan peserta terbaik yaitu Rachmad Agust Projanto dan Weni Lestari Kusumo keduanya dari Bank Amin. Adapun hadiah special diberikan kepada salah satu peserta yang berulang tahun pada bulan Januari yaitu Hendriyo Eko Yudo dari CNB yang tepatnya berulang tahun pada tanggal 11 Januari 2009.(Anike).