Pelatihan Brevet Pajak STIE Perbanas

Minggu, 23 Oktober 2011 Pelatihan Brevet pajak angkatan V berhasil diselenggarakan oleh STIE Perbanas Surabaya. Bertempat di ruang D201, kegiatan yang dilaksanakan hari Sabtu-Minggu tepat pukul 08.00 sampai dengan 15.00 WIB ini sangat diminati oleh para pesertanya. Pelatihan Brevet Pajak angkatan V ini mengundang instruktur baik dari dalam maupun dari luar STIE Perbanas Surabaya yang telah memiliki sertifikasi tentang konsultan pajak. Mempunyai tujuan menyiapkan lulusan akuntansi baik Diploma dan Strata 1 agar siap kerja khususnya di bidang perpajakan.

Manfaat dari Brevet Pajak ini juga membekali peserta agar memiliki keterampilan tentang teknis perhitungan dan penyusunan pajak penghasilan baik orang pribadi maupun badan, pajak pertambahan nilai, Pph potong/pungut, PBB-BPH TB berdasarkan undang-undang pajak terbaru, bisa menjadi masukan kepada mahasiswa dalam mengambil topik penelitian terkait aspek perhitungan pajak atau perencanaannya (tax planning), para peserta diharapkan mampu membuat Surat Pemberitahuan baik manual ataupun e-SPT.

Materi yang diberikan terkait dengan hukum pajak yang terbagi menjadi dua bagian utama yakni material dan formal. Hukum pajak secara formal meliputi ketentuan umum, tata cara pajak, kode etik profesi, konsultan pajak dan penagihan pajak dengan surat paksa sedangkan hukum pajak secara material meliputi Pph orang pribadi dan badan, pajak dipotong/dipungut (With Holding Tax), Pajak Pertambahan nilai, tax planning, dan PBB BPH TB.

“Untuk Program pelatihan Brevet Pajak angkatan V ini berorientasi kepada kesiapan kerja para lulusannya dan berorientasi pada Tugas Akhir para mahasiswa” tutur Kautsar Dosen Perpajakan STIE Perbanas Surabaya. (Fif/ind)