Lokakarya ACL for Windows

Mengenal ACL for Windows

ACL for Windows (sering disebut ACL) adalah sebuah program untuk membantu akuntan dalam melakukan pemeriksaan di lingkungan sistem informasi berbasis komputer atau Pemrosesan Data Elektronik.  ACL secara khusus dirancang untuk menganalisa data, memanipulasi data dan mengekspor data sehingga membuatnya menjadi lebih berguna bagi auditor. ACL dapat mengerjakan berbagai tipe format data. Data yang dihasilkan oleh komputer, disimpan dalam karakter-karakter yang disebut byte.
ACL dapat membaca data dari berbagai macam sistem yang terbentang mulai dari model sistem mainframe lama hingga ke relational database modern. ACL adalah aplikasi yang hanya ‘read-only’, ACL tidak pernah mengubah data sumber asli sehingga aman untuk menganalisis jenis live-data. Keanekaragaman sumber data dan teknologi akses data, cara mengakses data juga bervariasi dari satu sumber data ke lain. ACL membaca beberapa sumber data secara langsung dengan mengimport dan menyalin sumber data sehingga dapat dianalisis.

Tujuan

Memberikan pemahaman tentang fungsi auditing pada sistem informasi berbasis computer di sebuah organisasi, dengan tujuan untuk mengkaji ulang pengamanan aktiva perusahaan, integritas data, efektivitas dan efisiensi dalam sebuah sistem informasi berbasis komputer itu sendiri dengan pendekatan kepada perubahan manajemen, pengamanan dan pengendalian baik yang tradisional dan end-user oriented.

Manfaat

  1. Pemahaman kondisi dan bentuk pengendalian manajemen maupun pengendalian aplikasi serta mengevaluasi kekuatan dan kelemahannya dalam sistem informasi berbasis komputer.
  2. Pemahaman dan praktik-praktik jenis dan bentuk pengumpulan bukti audit serta mengevaluasinya dalam audit sistem yang berbasis komputer.
  3. Penguasaan praktik-praktik audit untuk sistem informasi berbasis komputer.
  4. Penguasaan teknik audit berbantuan komputer    (Computer Assisted Audit Technique) untuk menjalankan audit dalam lingkungan sistem informasi berbasis komputer.

 Materi

  1. Pengantar Audit pada Sistem Informasi berbasis Komputer, pada bagian ini membahas sebuah pengantar tentang bagaimana peran auditor dalam pemeriksaan system informasi berbasis komputer.
  2. Pemahaman Resiko dalam Sistem Informasi Berbasis Komputer.
  3. Praktek Audit Database menggunakan ACL for Windows v.7.,  pada bagian ini dilaksanakan praktek pengujian database dengan Teknik Audit Berbantuan Komputer.