Lokakarya dan Sertifikasi SAP (Module Fundamental)

Mengenal SAP

SAP (Systems, Applications, and Products in Data Processing merupakan salah satu pemimpin tingkat dunia untuk piranti lunak ERP (Enterprise Resource Planning). Sebagai perusahaan piranti lunak ke-tiga terbesar, SAP merupakan pemimpin pasar yang pertama kali mengintegrasikan fungsi-fungsi operasional yang ada di perusahaan dalam satu aplikasi piranti lunak. Bahkan terminology ERP sendiri ditemukan oleh SAP dan diadopsi oleh pesaingnya dan industri sendiri. SAP didirikan oleh 5 mantan programmer IBM di Walldrof, Jerman pada tahun 1972. Pada saat itu, SAP mengeluarkan produk pertamanya yaitu SAP R/1 di tahun 1972, yang kemudian diikuti oleh SAP R/2 di tahun 1979, dan SAP R/3 pada tahun 1992. Ditahun 2003, SAP mengeluarkan produk terakhir dari SAP R/3 yang dikenal sebagai mySAP ERP.
Saat ini, lebih dari 80.000 didunia dan 150 perusahaan di Indonesia yang telah mengimplementasikan SAP untuk membantu perkembangan dan bersaing di dunia bisnis. Perusahaan-perusahaan Indonesia tersebut antara lain Pertamina, Medco, PT. Telkom, Indosat, Excelcomindo, Astra, Arun NGL, BCA, Bank Niaga, Bank Mandiri, Blue Bird Group, Garuda, Indofood, Semen Cibinong, Anak Jaya Bapak Senang (AJBS), Sogo dan sebagainya.

Tujuan:

Memberikan pendidikan bermutu dan akan dapat memenuhi kebutuhan pengguna lulusan serta masyarakat pada umumnya.  Dengan mengenal SAP serta transaksi-transaksi ini yang ada didalamnya, lulusan jurusan Akuntansi akan mendapatkan exposure untuk melanjutkan karir mereka sebagai konsultan SAP yang bertugas untuk mengimplementasikan aplikasi tersebut ke purusahaan serta dapat menjadi pengusaha (entrepreneur) yang memahami proses-proses yang seharusnya dilakukan dalam suatu perusahaan.

Manfaat:

  1. Meningkatkan kualitas lulusan jurusan Akuntansi. Mempelajari proses-proses perusahaan melalui aplikasi terbaik yang secara otomatis menghasilkan image dan kualitas yang tinggi.
  2. Memperluas pengembangan karir. Lebih dari 150 perusahaan di Indonesia menggunakan SAP, sehingga keberhasilan dan kelancaran proses operasional di perusahaan-perusahaan tergantung pada satu aplikasi. Dengan mempelajari SAP, mahasiswa akan mendapatkan nilai lebih karena memiliki kesempatan untuk memfokuskan karir mereka sebagai key user SAP di perusahaan-perusahaan dalam maupun luar negri.